GUNADARMA

Selasa, 12 Januari 2016

MAKALAH TENTANG KECANDUAN GAME ONLINE

MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR

MASALAH SOSIAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
KECANDUAN GAME ONLINE 



Disusun Oleh :

                                        Nama       : Natasya Mazaya
                                NPM        : 37414835
                                Kelas       : 2ID10
               




JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG





KATA PENGANTAR

            Puji Syukur saya panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan Hidayat-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan cukup baik.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Makalah ini dibuat bukan hanya untuk melengkapi tugas mata kuliah Ilmu Sosial  Dasar, tetapi juga diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang perilaku menyimpang dan mengganggu yang berhubungan dengan perubahan sosial di kehidupan masyarakat, sehingga kita dapat menghindari hal-hal negatif dan menjalankan hal-hal positif dalam kehidupan sosial.
Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun. Saya berharap makalah yang telah dibuat ini bisa bermanfaat serta menambah pengetahuan pembaca.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita dalam usaha mewujudkan proses kemajuan dalam kehidupan sosial dan berbudaya.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Di zaman yang modern seperti sekarang ini, manusia sudah sangat erat kaitannya dengan teknologi yang canggih seperti komputer, internet, dan sebagainya. Kenyataan itu sangat bagus untuk menunjang kemajuan cara berfikir manusia. Namun saat ini beberapa kemajuan tersebut dapat berdampak negative bagi masyarakat. Contohnya adalah game online.
Game online adalah game computer yang sangat digandrungi oleh anak-anak hingga dewasa. Biasanya mereka bermain di warnet (warung internet) jika mereka tidak memiliki internet di rumah masing-masing. Game online, apabila dimainkan secara normal akan bagus untuk menghilangkan penat sekaligus melatih ketangkasan dalam berfikir dan menggunakan perangkat computer. Tetapi, jika dimainkan secara tidak normal atau kecanduan akan memberikan efek samping yang amat negative bagi pemainnya dan orang lain.
Kebanyakan pecandu game online adalah anak-anak hingga remaja yang notabene masih pelajar. Banyak anak-anak dan remaja yang menyisihkan uang sakunya untuk bermain game online berjam-jam hingga lama-kelamaan kecanduan game online. Akibat hal
ini remaja pun banyak melupakan hal-hal yang lebih penting seperti belajar, beribadah, bahkan kesehatan pun dilupakan. Bahkan tidak jarang anak-anak dan remaja yang masih pelajar membolos sekolah beberapa hari demi bermain game online tersebut. Tentunya itu adalah kenyataan yang sangat memprihatinkan.

1.2  TUJUAN PENULISAN
Berikut ini adalah tujuan dari penulisan makalah yang saya buat:
1.      Mengetahui alasan anak-anak dan remaja memilih untuk bermain game online
2.      Mengetahui dampak negative yang disebabkan oleh game online
3.      Mengetahui cara mengatasi kecanduan game online

1.3  PERUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan game online?
2.      Apa penyebab anak-anak dan remaja kecanduan game online?
3.      Apa dampak dari game online yang dimainkan dengan tidak wajar?
4.      Bagaimana contoh kecanduan game online di lingkungan masyarakat?
5.      Bagaimana cara mengatasi kecanduan game online?



BAB II
   PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN GAME ONLINE
Pengertian Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan yang dimainkan di  dalam suatu jaringan internet. Game yang berbasis elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual elektronik dan game online menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan,
Game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.

2.2 FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN GAME ONLINE
            Banyak penyebab yang ditimbulkan dari kecanduan game online, salah satunya  karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas. Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan.
            Terdapat beberapa faktor penyebab dari internal maupun eksternal. Berikut ini saya akan meneybutkan satu persatu.
1.      Faktor Internal
·         Rasa bosan atau penat yang dirasakan remaja pada saat di rumah atau di sekolah
·         Kurangnya kontrol diri dari anak-anak dan remaja, sehingga mereka kurang dapat mengatasi dan menyaring hal-hal negative yang disebabkan oleh game online
·         Anak-anak dan remaja tidak mampu mengatur prioritasnya seperti ibadah, kesehatan, dan pelajaran di sekolah

2.      Faktor Eksternal
·         Ajakan dari teman sepergaulan yang juga kecanduan game online
·         Kurang memiliki hubungan social yang baik  dengan teman-temannya sehingga pilihannya adalah dengan menghabiskan waktu bermain game online di warnet
2.3 PENGARUH ATAU DAMPAK DARI GAME ONLINE
            Game online memiliki dampak positif juga negative bagi pemainnya, khususnya anak-anak dan remaja. Berikut ini adalah dampak positif dan dampak negative dari game online.
1.      Dampak Positif
·         Menghilangkan kepenatan
·         Melatih konsentrasi dan kefokusan pada saat bermain
·         Mengembangkan kecepatan dalam bereaksi
·         Melatih mengembangkan imajinasi dan kreativitas
2.      Dampak Negatif
·         Dapat menurunkan kesehatan pemainnya
·         Menyebabkan kemalasan dan terjadinya tindakan criminal
·         Dapat menyebabkan pemainnya lupa dengan kewajibannya yang lain seperti belajar, ibadah, menolong orang tua dan sebagainya
·         Dapat menyebabkan pemainnya menjadi anti sosial, karena terlalu terpaku pada bermain game online setiap saat
2.4 CONTOH KECANDUAN GAME ONLINE DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Di daerah tempat tinggal saya terdapat sebuah warnet yang cukup besar namun kumuh dan kurang terawat. Pada saat saya kesana banyak sekali anak-anak dan remaja yang sedang bermain game online, namun ada juga yang hanya membuka jejaring sosial lainnya seperti facebook, youtube, dan lain lain. Warnet itu selalu penuh oleh anak-anak pagi hari hingga malam hari. Mereka yang masih anak-anak yang terbilang sulit untuk mengontrol diri menyebabkan kebisingan pada saat malam hari, mereka sering berteriak karena saking seru nya dengan game nya maupun karena bercanda dengan temannya. Hal itu cukup mengganggu masyarakat di wilayah tempat tinggal saya. Bahkan pada hari sekolah seperti senin sampai jumat pada pagi atau siang hari pun warnet ini sering diramaikan oleh pelajar yang masih menggunakan seragam. Beberapa dari mereka mungkin berangkat dari rumah mengatakan pada orang tuanya bahwa hendak ke sekolah, namun pada akhirnya mereka malah pergi ke warnet dan bermain game online hingga malam hari. Pengeluaran mereka untuk bermain game online di warnet pun tidak terbilang sedikit. Bayangkan saja jika biaya menyewa internet di warnet perjam nya seharga Rp 4000, bila perhari nya mereka menghabiskan waktu 12 jam, dan mereka bermain selama seminggu, akan banyak sekali uang yang terbuang percuma akibat kecanduan game online. Hal tersebut adalah sesuatu yang sangat memprihatinkan dan akan memberikan dampak buruk bagi masa depan anak-anak dan remaja kita.
Berikut ini adalah gambar yang saya ambil di warnet yang sudah saya ceritakan diatas.






2.5 CARA MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE
Tempat-tempat game online sekarang sudah banyak dan mudah dijumpai baik di perkotaan atau pun dipedesaan, jadi perkembangannya menjadi lebih mudah. Yang dibahayakan dari dampak game online ini sangat buruk terutama untuk psikis dan fisik pada usia remaja.
Berikut ini adalah beberapa solusi dan cara mengatasi kecanduan game online.

1.      Bersungguh-sungguh dan berniat untuk mengurangi bermain game online
2.      Harus menanamkan dalam hati dan pikiran untuk mempunyai sifat hemat
3.      Belajar menentukan prioritas dalam kehidupan, yaitu kewajiban seperti belajar, ibadah, membantu orang tua, melakukan pekerjaan rumah, dan sebagainya
4.      Mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan memberikan dampak positif
5.      Membatasi pergaulan dengan orang yang juga kecanduan game online




BAB III
PENUTUP

3.1  KESIMPULAN
Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Faktor yang mempengaruhi kebanyakan dikarenakan rasa penat terhadap tugas dan ajakan teman-teman sekitar.
Dampak negatif bermain game online lebih banyak dibanding dampak positifnya   antara lain :
·         Dapat merusak Kesehatan pemain.
·         Menimbulkan Kemalasan dan tindakan kriminal
·         Dapat membuat pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas dan tanggung    jawab.
·         Dapat membuat pemainnya tidak produktif karena waktunya habis dipergunakan untuk bermain game online.

3.2  SARAN
Daripada bermain game online yang menghabisakan uang dan waktu sebaiknya kaum remaja pecandu game mengisi waktu dengan hal-hal yang positif  atau lebih bermanfaat serta mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan.


1 komentar:

  1. ♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : Legendaqq
    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus