MAKALAH ILMU SOSIAL
DASAR
MASALAH SOSIAL DALAM
KEHIDUPAN SEHARI-HARI
KECANDUAN GAME ONLINE
Disusun Oleh :
Nama :
Natasya Mazaya
NPM : 37414835
Kelas : 2ID10
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KALIMALANG
KATA PENGANTAR
Puji Syukur saya panjatkan Kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan Hidayat-Nya, sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah ini dengan cukup baik.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
dalam penyusunan makalah ini.
Makalah ini dibuat bukan hanya untuk melengkapi tugas mata kuliah Ilmu
Sosial Dasar, tetapi juga diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang perilaku
menyimpang dan mengganggu yang berhubungan dengan perubahan sosial di kehidupan
masyarakat, sehingga kita dapat menghindari hal-hal negatif dan menjalankan
hal-hal positif dalam kehidupan sosial.
Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam
penyusunan makalah ini, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang
dapat membangun. Saya berharap makalah yang telah dibuat ini bisa bermanfaat
serta menambah pengetahuan pembaca.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita dalam usaha mewujudkan proses
kemajuan dalam kehidupan sosial dan berbudaya.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Di zaman yang modern seperti sekarang ini, manusia sudah sangat erat
kaitannya dengan teknologi yang canggih seperti komputer, internet, dan
sebagainya. Kenyataan itu sangat bagus untuk menunjang kemajuan cara berfikir
manusia. Namun saat ini beberapa kemajuan tersebut dapat berdampak negative
bagi masyarakat. Contohnya adalah game online.
Game online adalah game computer yang sangat digandrungi oleh anak-anak
hingga dewasa. Biasanya mereka bermain di warnet (warung internet) jika mereka
tidak memiliki internet di rumah masing-masing. Game online, apabila dimainkan
secara normal akan bagus untuk menghilangkan penat sekaligus melatih
ketangkasan dalam berfikir dan menggunakan perangkat computer. Tetapi, jika
dimainkan secara tidak normal atau kecanduan akan memberikan efek samping yang
amat negative bagi pemainnya dan orang lain.
Kebanyakan pecandu game online
adalah anak-anak hingga remaja yang notabene masih pelajar. Banyak anak-anak
dan remaja yang menyisihkan uang sakunya untuk bermain game online berjam-jam
hingga lama-kelamaan kecanduan game online. Akibat hal
ini remaja pun banyak melupakan hal-hal yang lebih
penting seperti belajar, beribadah, bahkan kesehatan pun dilupakan. Bahkan
tidak jarang anak-anak dan remaja yang masih pelajar membolos sekolah beberapa
hari demi bermain game online tersebut. Tentunya itu adalah kenyataan yang
sangat memprihatinkan.
1.2 TUJUAN PENULISAN
Berikut
ini adalah tujuan dari penulisan makalah yang saya buat:
1. Mengetahui alasan anak-anak dan remaja
memilih untuk bermain game online
2. Mengetahui dampak negative yang
disebabkan oleh game online
3. Mengetahui cara mengatasi kecanduan
game online
1.3 PERUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan game online?
2. Apa penyebab anak-anak dan remaja
kecanduan game online?
3. Apa dampak dari game online yang
dimainkan dengan tidak wajar?
4. Bagaimana contoh kecanduan game online
di lingkungan masyarakat?
5. Bagaimana cara mengatasi kecanduan
game online?
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
GAME ONLINE
Pengertian
Game Online atau Online Games adalah sebuah permainan yang dimainkan di dalam suatu jaringan internet. Game yang
berbasis elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual
elektronik dan game online menyediakan server-server tertentu agar bisa
dimainkan,
Game online sendiri
tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu
sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya
jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai
menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
2.2
FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN GAME ONLINE
Banyak
penyebab yang ditimbulkan dari kecanduan game online, salah satunya
karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai
tuntas. Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi
pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan.
Terdapat
beberapa faktor penyebab dari internal maupun eksternal. Berikut ini saya akan
meneybutkan satu persatu.
1. Faktor Internal
·
Rasa
bosan atau penat yang dirasakan remaja pada saat di rumah atau di sekolah
·
Kurangnya
kontrol diri dari anak-anak dan remaja, sehingga mereka kurang dapat mengatasi
dan menyaring hal-hal negative yang disebabkan oleh game online
·
Anak-anak
dan remaja tidak mampu mengatur prioritasnya seperti ibadah, kesehatan, dan pelajaran
di sekolah
2. Faktor Eksternal
·
Ajakan
dari teman sepergaulan yang juga kecanduan game online
·
Kurang
memiliki hubungan social yang baik
dengan teman-temannya sehingga pilihannya adalah dengan menghabiskan
waktu bermain game online di warnet
2.3 PENGARUH
ATAU DAMPAK DARI GAME ONLINE
Game online memiliki dampak positif
juga negative bagi pemainnya, khususnya anak-anak dan remaja. Berikut ini
adalah dampak positif dan dampak negative dari game online.
1. Dampak Positif
·
Menghilangkan
kepenatan
·
Melatih
konsentrasi dan kefokusan pada saat bermain
·
Mengembangkan
kecepatan dalam bereaksi
·
Melatih
mengembangkan imajinasi dan kreativitas
2. Dampak Negatif
·
Dapat
menurunkan kesehatan pemainnya
·
Menyebabkan
kemalasan dan terjadinya tindakan criminal
·
Dapat
menyebabkan pemainnya lupa dengan kewajibannya yang lain seperti belajar,
ibadah, menolong orang tua dan sebagainya
·
Dapat
menyebabkan pemainnya menjadi anti sosial, karena terlalu terpaku pada bermain
game online setiap saat
2.4
CONTOH KECANDUAN GAME ONLINE DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Di daerah tempat tinggal saya terdapat sebuah warnet yang cukup besar
namun kumuh dan kurang terawat. Pada saat saya kesana banyak sekali anak-anak
dan remaja yang sedang bermain game online, namun ada juga yang hanya membuka
jejaring sosial lainnya seperti facebook, youtube, dan lain lain. Warnet itu
selalu penuh oleh anak-anak pagi hari hingga malam hari. Mereka yang masih
anak-anak yang terbilang sulit untuk mengontrol diri menyebabkan kebisingan
pada saat malam hari, mereka sering berteriak karena saking seru nya dengan
game nya maupun karena bercanda dengan temannya. Hal itu cukup mengganggu
masyarakat di wilayah tempat tinggal saya. Bahkan pada hari sekolah seperti
senin sampai jumat pada pagi atau siang hari pun warnet ini sering diramaikan
oleh pelajar yang masih menggunakan seragam. Beberapa dari mereka mungkin
berangkat dari rumah mengatakan pada orang tuanya bahwa hendak ke sekolah,
namun pada akhirnya mereka malah pergi ke warnet dan bermain game online hingga
malam hari. Pengeluaran mereka untuk bermain game online di warnet pun tidak
terbilang sedikit. Bayangkan saja jika biaya menyewa internet di warnet perjam
nya seharga Rp 4000, bila perhari nya mereka menghabiskan waktu 12 jam, dan
mereka bermain selama seminggu, akan banyak sekali uang yang terbuang percuma
akibat kecanduan game online. Hal tersebut adalah sesuatu yang sangat
memprihatinkan dan akan memberikan dampak buruk bagi masa depan anak-anak dan
remaja kita.
Berikut ini adalah gambar yang saya ambil di warnet yang sudah saya
ceritakan diatas.
2.5
CARA MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE
Tempat-tempat
game online sekarang sudah banyak dan mudah dijumpai baik di perkotaan atau pun
dipedesaan, jadi perkembangannya menjadi lebih mudah. Yang dibahayakan dari
dampak game online ini sangat buruk terutama untuk psikis dan fisik pada usia
remaja.
Berikut
ini adalah beberapa solusi dan cara mengatasi kecanduan game online.
1.
Bersungguh-sungguh dan berniat untuk mengurangi
bermain game online
2.
Harus menanamkan dalam hati dan pikiran untuk
mempunyai sifat hemat
3.
Belajar menentukan prioritas dalam kehidupan, yaitu
kewajiban seperti belajar, ibadah, membantu orang tua, melakukan pekerjaan
rumah, dan sebagainya
4.
Mencari
kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan memberikan dampak positif
5.
Membatasi
pergaulan dengan orang yang juga kecanduan game online
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Game Online atau
Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu
jaringan (baik LAN maupun Internet). Faktor yang mempengaruhi kebanyakan
dikarenakan rasa penat terhadap tugas dan ajakan teman-teman sekitar.
Dampak negatif bermain game
online lebih banyak dibanding dampak positifnya antara lain :
·
Dapat merusak Kesehatan pemain.
·
Menimbulkan Kemalasan dan tindakan kriminal
·
Dapat membuat pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa
tugas dan tanggung jawab.
·
Dapat membuat pemainnya tidak produktif karena
waktunya habis dipergunakan untuk bermain game online.
3.2 SARAN
Daripada bermain game online yang menghabisakan uang dan
waktu sebaiknya kaum remaja pecandu game mengisi waktu dengan hal-hal yang
positif atau lebih bermanfaat serta mengeluarkan uang sesuai dengan
kebutuhan.
♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
BalasHapusKami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : Legendaqq
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendaqq(dot)org
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^